Peralatan Masak Tradisional Indonesia

Jaman sudah modern, semua peralatan rumah tangga juga sudah beralih semua dengan menggunakan sistem elektronik dan secara otomatis. Tidak luput juga untuk Peralatan Masak, banyak peralatan masak yang digunakan kini sudah menggunakan elektronik yang modern dan otomatis. Penggunaan peratan yang modern ini menyebabkan banyak orang yang meninggalkan peralatan masak tradisionalnya.

Mungkin kini sudah tidak banyak orang yang mengenal Peralatan Masak Tradisional. Ya, dengan semakin modern dan mudahnya penggunaan alat masak menggerus peralatan masak yang tradisional yang notabennya lebih sulit dan tidak praktis dalam penggunaannya.

Berikut ini beberapa jenis peralatan masak tradisional yang ada di Indonesia yang mungkin dapat mengingatkan kita tentang eksistensinya dimasa lalu.

  • Tungku Api
Tungku Api

Tungku atau di sunda lebih dikenal dengan nama “ Hawu “ Ini adalah alat untuk memasak ( kompor ) yang terbuat dari tanah liat atau tumpukan batu bata. Bahan bakar untuk memasak yang digunakan adalah kayu bakar. Tungku masih banyak juga yang menggunakan, terutama untuk daerah pedalaman yang penduduknya masih tergolong miskin.
  • Anglo
Anglo

Hampir sama dengan tungku yang memiliki fungsi untuk alat memasak. Anglo ini terbuat dari tanah liat dengan berbahan bakar utama arang atau kayu bakar. Anglo masih dapat ditemukan pada pedagang makanan tradisional.
  • Dandang
Dandang

Dandang adalah alat masak tradisional untuk memasak nasi. Dandang biasanya terbuat dari tembaga, berwarna kuning keemasan dan memiliki bentuk seperti topi pesulap yang dibalik. Penggunaan dandang untuk menanak / masak nasi dengan cara mengukusnya.
  • Kukusan bambu
Kukusan bambu

Kukusan bambu atau dalam bahasa sunda “ Aseupan “ adalah alat masak yang menjadi pelengkap dandang dalam menanak nasi. Aseupan ini terbuat dari bambu dan bentuknya seperti tumpeng.
  • Tampah
Tampah

Tampah adalah penampang bulat dan lebar yang terbuat dari bamboo. Fungsinya adalah untuk menampah beras untuk memisahkan sekam beras dan kotoran lainnya pada beras.
  • Tempayan
Tempayan

Tempayan adalah gentong besar yang terbuat dari tanah liat. Tempayan memiliki fungsi untuk menyimpan persediaan air di dapur. Tempayan yang berukuran lebih kecil biasanya digunakan juga sebagai tempat penyimpanan beras. Namun kini tempayan banyak digunakan untuk hiasan pada taman ataupun kolam.

Masih banyak alat masak tradisional lainnya yang mungkin kita sudah lupa atau bahkan tidak mengetahuinya. Bannyak manfaat yang didapatkan dari menggunakan alat tradisional, diantaranya masakan menjadi lebih aman dan sehat karena terbuat dari bahan alami. Selain itu memasak dengan peralatan tradisional memberikan rasa yang lebih nikmat dan enak.

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.