Pemanfaatan Pipa Konkret Selain Untuk Saluran Air

Berbeda dengan pipa PVC yang bisa kamu temui dengan mudah di berbagai tempat, pipa konkret agak lebih sulit ditemukan. Untuk fungsinya sendiri pipa konkret ini sebenarnya sama saja, yaitu sebagai saluran air. Hanya saja penggunaannya jauh lebih terbatas, inilah yang menyebabkan pipa ini cukup sulit ditemukan.

Pipa konkret merupakan pipa yang terbuat dari cor beton dan memiliki berat yang jauh lebih dibandingkan pipa biasa. Fungsi umumnya sama yaitu sebagai saluran air. Perbedaannya, pipa ini biasanya digunakan sebagai saluran air untuk area umum, seperti saluran air yang ada di bawah jalan atau yang sering disebut gorong-gorong. Untuk ukuran dari pipa ini sendiri juga sangat beragam, tergantung dari kebutuhan. Namun biasanya, ukurannya sangat besar dan bisa berpuluh kali lipat dari ukuran pipa PVC. Makanya kamu tidak akan menemukan pipa ini di toko bangunan pada umumnya.
Akan tetapi, fungsi pipa konkret ini sekarang sudah mulai berkembang. Tidak hanya untuk saluran air saja, tetapi juga untuk beberapa fungsi lain yaitu:

Hotel
Sebuah hotel di China membuat kamar hotel yang unik untuk tamunya, yaitu berupa pipa konkret dengan ukuran yang cukup besar. Pipa ini letakkan pada ruang terbuka dan diberikan jarak beberapa meter dari satu pipa ke pipa lainnya. Namun karena keterbatasan ruang, maka kamu tidak akan menemukan bermacam-macam furnitur di dalam ruang kamar ini, hanya sebuah tempat tidur double dan meja kecil di samping tempat tidur. Sementara untuk fasilitas lainnya kamar ini menggunakan AC dan terdapat gorden untuk menjaga privasi tamu. Selain itu, jarak yang agak berjauhan antar kamar membuat privasi tamu lebih terjaga karena suara yang ada dalam kamar tidak akan terdengar hingga kamar lainnya. Selain hotel di China, beberapa negara lain juga sudah memiliki hotel serupa dengan penataan yang agak berbeda, salah satunya yaitu TuboHotel di Mexico.

Tempat bersantai
Jika kamu memiliki lahan taman yang cukup luas dan sedang bingung ingin membangun sebuah gazebo untuk tempat bersantai, maka kamu bisa menggunakan pipa konkret agar terlihat unik. Memang mungkin biayanya akan lebih tinggi dibandingkan jika kamu membuat sebuah gazebo kayu biasa, namun jika kamu ingin sesuatu yang lain daripada biasanya tidak ada salahnya kan mengeluarkan dana sedikit lebih mahal. Selain itu, dengan komposisi yang tepat gazebo pipa konkret ini justru bisa lebih awet dibandingkan dengan gazebo kayu. (Vita)

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.